icon

Butuh Informasi?

0254-220158

Email Kami

pendidikangurupauds1@binabangsa.ac.id

Rapat Kerja Prodi PG PAUD Universitas Bina Bangsa

Rapat Kerja Prodi PG PAUD Universitas Bina Bangsa

Rapat Kerja Prodi PG PAUD Universitas Bina Bangsa

 

Press Releas Rapat Kerja Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini 2023

 

Hari, Tanggal  : Jum’at, 24 Februari 2023

Waktu             : 09.00 – 11.30 WIB.

Dilaksanakan  : Ruang Rapat FKIP

Dihadiri oleh   :

  1. Ratu Yustika Rini, M.Pd.
  2. Inten Risna, M.Pd.
  3. Novita Sari, M.Pd.
  4. Amat Hidayat, M.Pd.
  5. Maulida Nur, M.Pd.
  6. Fikri Tanzil Mutaqin, M.Pd.
  7. Muthia Sari, M.Pd
  8. Havid Surya, M.Pd.
  9. Yolan Pahrul, M.Pd

(Sembilan orang  Dosen Tetap  PG PAUD UNIBA)

 

Landasan Terlaksananya Rapat Kerja

  1. Menindaklanjuti arahan rektor terkait kendala mahasiswa dalam pengadministrasian di setiap semester.
  2. Menindaklanjuti hasil rapat fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang memberikan arahan untuk segera dibentukan Visi Misi program Studi (VMTS) dan program kerja prodi.
  3. Menindaklanjuti program kerja prodi PG PAUD yang belum terrealisasi dan akan terrealisasi dalam tahun akademik 2022-2023 dan 2023-2024.
  4. Persiapan Akreditasi Prodi PG PAUD yang akan diajukan pada tahun 2023.

 

Tujuan Rapat Kerja

Rapat program kerja dosen PG PAUD dilaksanakan sebagai wadah diskusi untuk menghasilkan beberapa kesepakatan bersama dalam beberapa point pembahasan yang di dalamnya memuat topik perencanaan program kerja yang terorganisir dan terarah selama tahun akademik 2022-2023 dan 2023-2024, dan terbentuknya alur mekanisme tugas akhir mahasiswa (Teofel, PPL, KKM dan Skripsi), Serta perlu adanya persiapan akreditasi dengan membahas LAMDIK dan LED akreditasi.

 

Pembahasan

Rapat kerja dimulai pukul 09.00 WIB. Kegiatan  pembukaan rapat diawali dengan moderator mengucapkan basmalah. Kemudian dilanjutkan dengan  pembahasan inti yang disampaikan oleh Ibu Ratu Yustika Rini, M.Pd. selaku Ketua Prodi PGPAUD dan Ibu Inten Risna, M.Pd.  selaku Sekretaris Prodi PG PAUD dengan pembahasan diantaranya :

  1. Kemahasiswaan

Update jumlah mahasiswa PG PAUD saat ini yang berjumlah 478 mahasiswa beserta kendala yang dialaminya. Adapun kendala yang dialami mahasiswa meliputi belum dilakukannya pengisian KRS pada semester IV sebanyak 304 mahasiswa , dan terdapat 20 mahasiswa yang  kurang mengontrak jumlah mata kuliah yang pada semester 2 dan 3.

  1. Dosen PGPAUD

Update jumlah dosen di PG PAUD saat ini adalah 33 dosen yang terdiri dari 11 dosen tetap (9 orang dosen sudah memiliki NIDN, 1 orang dosen dalam proses perpindahan dan 1 orang dosen dalam proses pengajuan NIDN) dan 22 dosen tidak tetap yang berasal dari Praktisi PAUD.

  1. Profil dan VMTS program studi PG PAUD

Profil lulusan prodi PG PAUD menjadi harapan prodi untuk dapat menghasilkan lulusan yang dapat bermanfaat pada masyarakat baik sebagai pendidik, sebagai tenaga pendidik, sebagai konsultan, sebagai peneliti di bidang kajian PAUD, dan sebagai Edu-technopreneur. Adapun beberapa langkah yang diambil prodi dalam mencapai profil lulusan prodi PG PAUD sudah tertuang pada beberapa mata kuliah. Sehingga harapannya profil dan VMTS prodi ini dapat dipahami bersama dan diorientasikan pada muatan pembelajaran MK beserta luarannya serta dapat sinkron dengan tridarma masing-masing dosen. 

  1. Program Kerja 

Program Studi PG PAUD memiliki program kerja tahun akademik 2022-2023 dan 2023-2024 yang perlu ditinjau dan dilaksanakan secara kooperatif oleh tim dosen tetap PG PAUD saat ini. Berikut program kerja yang akan dilaksanakan : 

Pada bulan Mei – Juni

  • Bergabung dengan asosiasi PAUD
  • Lokakarya ( pentas seni tari dan seminar pemenuhan hak anak)
  • Tindak Lanjut PPSP Bersama SEAMEO CECCEP (studi pendahuluan dan pelatihan)

Pada bulan Juli-Februari

  • Lokakarya Mahasiswa (Pameran hasil luaran mata kuliah Media Pembelajaran APE, Bermain serta Pengelolaan Lingkungan Belajar)
  • PPL dan KKM (harapan luarannya adalah adanya artikel ilmiah)
  • Skripsi 

 

Beberapa point pembahasan inti menghasilkan kesepakatan :

  • Kendala Mahasiswa
  1. Adanya dosen pembimbing akademik yang bertugas memberikan pembinaan, bimbingan, mengingatkan serta memotivasi mahasiswanya dalam melaksanakan perkuliahan terkhusus untuk menyelesaikan administrasi dan pengisian KRS. Sehingga diharapkan dosen pembimbing akademik dapat melakukan pembinaan kepada mahasiswa yang memiliki kendala dalam proses akademik, mengingatkan, membimbing mahasiswa dalam pemecahan permasalahan yang di alami mahasiswa dalam pengisian KRS, memotivasi mahasiswa agar dapat aktifan dalam proses pembelajaran dan mengikuti beberapa kegiatan perlombaan antar mahasiswa.  Adapun lebih jelasnya terkait pedoman pelaksanaan pembimbing akademik dapat dilihat pada buku pedoman yang telah di buat oleh tim Gugus Penjamin Mutu FKIP. Berikut data Dosen Pembimbing Akademik dan mahasiswa sebagai di bombing dapat dilihat pada tabel 1.1.

 

Tabel 1.1

Matrik Dosen Pembimbing Akademik

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

 

NO

NAMA DOSEN

KELAS

1

Ratu Yustika Rini, M.Pd.

4B

 4F

2

Inten Risna, M.Pd.

 4C

 4L

3

Novita Sari, M.Pd.

 4D

 4M

4

Amat Hidayat, M.Pd.

2B

5

Maulida Nur, M.Pd.

4I

6

Moh. Fikri Tanzil Mutaqin, M.Pd.

 4N

4G

7

Muthia Sari, M.Pd

4A

4K

8

Havid Surya, M.Pd.

4H

9

Yolan Pahrul, M.Pd

2A

2C

10

Siti Kholifah, M.Pd

4E

11

Mina Laili, S.Pd., M.Si

4J

 

  1. Dibentuknya volunteer dari mahasiswa PG PAUD (yang mendapatkan beasiswa). Untuk dapat mendampingi dosen pembimbing akademik dalam rangka meminimalisir kendala pengisian KRS yang dialami mahasiswa.
  2. Dibuatnya hari atau jadwal khusus untuk pengisian KRS yang dapat di fasilitasi oleh volunter. Hal ini dilakukan sebagai himbauan/pengingat agar mahasiswa dapat menyelesaikan KRS.

 

  • VMTS dan CPL

VMTS dan CPL harus dapat diturunkan dalam pembuatan Silabus dan RPS Mata Kuliah, sehingga proses pembelajaran dapat mencerminkan implementasi VMTS dan menstimulus mahasiswa agar mampu memiliki cerminan skills yang terdapat pada CPL Prodi PG PAUD.

 

  • Program Kerja
  1. Membuat pengajuan proposal agar prodi dan para dosen PGPAUD dapat bergabung ke dalam asosiasi PAUD dengan anggaran dari kampus.
  2. Adanya kesepakatan semua dosen tetap untuk dapat berkontribusi dan mensukseskan semua kegiatan prodi PG PAUD yang telah disepakati dalam program kerja.

 

  • Persiapan Akreditasi

Terbentuknya tim khusus atau penanggung jawab dalam setiap standarnya (9 Kriteria) serta akan ada pertemuan pada setiap minggunya yakni hari Jum’at pagi pukul 09.30 WIB sds untuk membahas progres  dan tindak lanjut dari setiap standarnya.