icon

Butuh Informasi?

0254-220158

Email Kami

pendidikangurupauds1@binabangsa.ac.id

Inovasi dalam Pembelajaran: Mahasiswa PG PAUD UNIBA Kembangkan Alat Permainan Edukatif Berbasis Loose Parts

Inovasi dalam Pembelajaran: Mahasiswa PG PAUD UNIBA Kembangkan Alat Permainan Edukatif Berbasis Loose Parts

Inovasi dalam Pembelajaran: Mahasiswa PG PAUD UNIBA Kembangkan Alat Permainan Edukatif Berbasis Loose Parts

Pada tanggal 10 Juni 2023, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Bina Bangsa (UNIBA) mengadakan kegiatan pembelajaran alat permainan edukatif berbasis loose parts. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa PG PAUD dan bertujuan untuk memperkenalkan metode inovatif dalam pendidikan anak usia dini yang menekankan pada kreativitas dan eksplorasi bebas.

Dipimpin oleh Ketua Prodi PG PAUD, Ratu Yustika Rini, M.Pd., kegiatan ini dimulai dengan penjelasan konsep loose parts, yaitu penggunaan bahan-bahan sederhana dan fleksibel yang dapat diatur dan disusun kembali oleh anak-anak sesuai imajinasi mereka. Mahasiswa kemudian diberikan kesempatan untuk membuat dan mengembangkan berbagai alat permainan edukatif dari loose parts yang tersedia.

Ratu Yustika Rini, M.Pd., menekankan pentingnya metode ini dalam mengembangkan keterampilan motorik, kognitif, dan sosial anak-anak. "Dengan loose parts, anak-anak belajar berpikir kritis, menyelesaikan masalah, dan berkolaborasi. Mereka juga memiliki kebebasan untuk bereksperimen dan menemukan cara baru dalam bermain," ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung dengan penuh antusiasme, di mana mahasiswa menunjukkan kreativitas dan inovasi mereka dalam menciptakan alat permainan yang edukatif dan menarik. Hasil karya mahasiswa tidak hanya berfungsi sebagai alat pembelajaran, tetapi juga sebagai inspirasi bagi metode pengajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Dengan diadakannya kegiatan ini, UNIBA berkomitmen untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif bagi pendidikan anak usia dini. Diharapkan, mahasiswa PG PAUD dapat menerapkan pengetahuan ini dalam praktik pengajaran mereka, memberikan pengalaman belajar yang kaya dan bermakna bagi anak-anak.